KesehatanMitra

RSUD Kudungga Terapkan Sistem Lean Manajeman Guna Peringkas Pelayanan

Korsa.id, Sangatta – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga terus berupaya memberikan pelayanan yang bermutu, simpel dan cepat kepada seluruh masyarakat. Salah satunya melalui penerapan sistem manajeman mutu atau lean manajeman, di seluruh ruangan rumah sakit.

Dengan penerapan lean manajeman, diharapkan dapat memperbaiki masalah-masalah yang ada di rumah sakit. Sehingga output berupa perbaikan disetiap aspek pelayanan yang bermuara pada kepuasan pasien dapat tercapai.

Direktur RSUD Kudungga dr. Muhammad Yusuf, M.Kes menjelaskan, pengenalan SDM rumah sakit dengan sistem lean manajemen telah dilakukan sejak tahun lalu. Dan mulai diimplementasikan di beberapa ruangan dan pelayanan rawat jalan pada tahun 2024 ini.

Lean itu ramping atau ringkas jika dibahasa Indonesia kan. Jadi bagaimana pelayanan itu bisa lebih ringkas, lebih sederhana, lebih simpel,  lebih mudah, Lebih nyaman. Nah, itu sebenarnya inti dari Lean Manajeman”,

Jika sebelumnya pasien menunggu lama, ribet dan terlalu banyak titik antrean karena sistem atau prosedur pendaftaran, kini mulai dipangkas dan disederhanakan. Misalnya untuk pasien rawat jalan dapat melakukan pendaftaran dari rumah secara online.

Baca Juga : Kenali Penyakit Gondongan dan Pencegahannya

“Pasien datang ke rumah sakit parkirannya tersedia, masuk ada mesin check in seperti di bandara, duduk di ruang tunggu yang nyaman dengan sistem pendingin yang bagus, disediakan charger station, bahkan dalam waktu dekat saya mau bikin ada welcome drink. Nah lean manajeman itu mempermudah layanan,” tambahnya.

Begitu juga saat pasien masuk ke ruang poli, diperiksa oleh dokter dengan peralatan yang lengkap dan canggih. Setelah diperiksa mendapat penjelasan yang baik dan jelas dari dokter terkait persoalan kesehatan yang tengah dihadapi.

Kemudian saat pasien keluar untuk mengambil obat atau membayar di kasir, bayarannya pas tidak ada kesalahan dengan apa yang dibayar dan diterima oleh pasien.

“Itu contoh pelayanan di rawat jalan, dan akan dipraktikkan di semua instalasi rumah sakit. Jadi bagaimana pasien dipermudah, lebih cepat, lebih nyaman, dan pasien merasa puas dengan pelayanan RSUD Kudungga,” tutup dr. Yusuf.

Baca Juga : Dokter RSUD Kudungga Pergunakan Alat Canggih dari Kemenkes RI

Dokter Yusuf juga memastikan, seluruh tenaga medis dan non medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga telah siap menerapkan sistem tersebut.

“Bahkan kita sudah ada timnya, jadi ada team coach untuk lean manajeman yang ber SK sejak tahun lalu begitu selesai bimtek. Kemudian sudah kita lakukan penguatan juga coach-coach nya, dan ya sudah bekerja. Dimana setiap unit itu memiliki coach nya masing-masing,”

Direktur menyebut, coach yang ditunjuk memang yang telah senior dan memiliki pengalaman memimpin dibeberapa unit sebelumnya. Adanya coach ini bakal mendampingi dan membimbing seluruh SDM di unitnya masing-masing. (An/As-Adv)

Baca Juga

Back to top button