Diskominfo KukarKutai Kartanegara

BPBD Kukar Gelar Apel Gabungan Jelang Ramadan

Korsa.id, Tenggarong – Guna memastikan kesiapan seluruh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) menghadapi segala macam musibah yang terjadi di daerah ini. BPBD Kukar menggelar apel gabungan kesiap siagaan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah.

Apel yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, diikuti oleh 100 personel gabungan perwakilan relawan pemadam kebakaran dan bencana (Balakar), dilaksanakan di Waduk Panji, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Pada moment itu, bupati minta koordinasi antara petugas damkar dan relawan setempat perlu terus ditingkatkan menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. “Meski pemerintah sebagai penanggung jawab, namun relawan merupakan garda terdepan dalam membantu penyelamatan jika terjadi bencana,” kata Edi Damansyah.

Edi pun berpesan agar BPBD Kutai Kartanegara rutin mengagendakan kegiatan latihan gabungan antara petugas pemadam dan relawan. Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh peralatan dalam kondisi prima. Serta, meningkatkan keterampilan para petugas dalam mengoperasikan mesin pompa air.

Baca Juga : Kukar Urutan 2 Kabupaten Terkreatif Se Indonesia

“Semoga kegiatan ini nanti bisa terjadwal secara rutin. Jadi kalau tiba-tiba terjadi kebakaran semua sudah siap, baik itu petugas, maupun peralatannya,” sebutnya pada (12/03/2023).

Apel tersebut juga dihadiri oleh undangan dari OPD di lingkungan Pemkab Kukar, Forkopimda hingga pihak-pihak lainnya. (*/As-Adv)

Baca Juga

Back to top button