HeadlineKutai Timur

Kutim Raih 2 Penghargaan Bidang Lingkungan Tingkat Nasional Tahun 2021

SMPN 4 Sangatta Utara Terima Adiwiyata Nasional 2021

Upnews.id, Sangatta – Masyarakat Kabupaten Kutai Timur patut berbangga. Lantaran salah satu sekolahnya, yakni SMP Negeri 4 Sangatta Utara berhasil meraih penghargaan prestisius, sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2021. Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Pengumuman penganugrahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2021, dilaksanakan secara langsung dari Auditorium Dr.Ir. Soedjarwo Jakarta, pada Jumat (24/12/2021). Yang diserahkan secara simbolis oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada perwakilan jenjang SD, SMP dan SMA.

Moment special tersebut, diikuti secara virtual dari ruang rapat Dinas Kominfo Perstik Kabupaten Kutai Timur. Oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Yetti Arifa Desiviana, Kabid Penaatan dan Pengembangan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Hj. Nurrahmi Asmalia, manajemen PT KPC dan PT Pamapersada Nusantara. Serta tim Adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten dan tim Adiwiyata Sekolah.

Menteri LHK Siti Nurbaya Saat Berikan Sambutan Usai Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri tahun 2021
Menteri LHK Siti Nurbaya Saat Berikan Sambutan Usai Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri tahun 2021 (Foto : Istimewa)

Menurut keterangan Aji Wijaya Effendie melalui Kabid Penataan dan Pengembangan Kapasitas DLH Kutim, Hj. Nurrahmi Asmalia. Penghargaan tersebut diberikan kepada sekolah yang telah melakukan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Guna mendorong aksi kolektif di sekolah agar sadar dan sukarela menerapkan prilaku lingkungan hidup.

“Sekolah merupakan lembaga pendidikan sebagai salah satu elemen masyarakat. Memiliki peran yang signifikan dalam membangkitkan kepekaan dan kesadaran akan lingkungan pada generasi muda,” jelasnya

Dalam keterangannya, Nurrahmi menyebut jika penghargaan tersebut diberikan melalui Proses penilaian. Adapun prosesnya telah dilaksanakan sejak September- November 2021, diawali dengan seleksi administrasi dari tanggal 20 sampai dengan 30 September 2021.

Dilanjutkan dengan penilaian pemenuhan kriteria Sekolah Adiwiyata dari tanggal 11 Oktober sampai dengan 5 November 2021. Proses penilaian dilakukan secara offline dan online melalui Sistem Informasi Adiwiyata (Si Dia).

Baca Juga : Wakil Bupati Lepas Wakil Kutim Ikuti PWN Di Jambi

“Secara nasional, seleksi diikuti oleh 932 Sekolah dari 150 Kabupaten, 34 Kota di 24 Provinsi se Indonewia. Yang diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup tingkat daerah setempat. Untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri.” Imbuhnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 344 sekolah yang memenuhi kriteria dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Sedangkan yang memenuhi kriteria dan menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri sebanyak 77 sekolah.

“Berdasarkan SK menteri KLHK NOMOR SK.1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021. SMPN Negeri 4 Sangatta Utara merupakan salah satu penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2021,” sebutnya dengan bangga.

Aspek penerapan perilaku lingkungan hidup meliputi kebersihan, fungsi sanitasi, drainase, pengelolaan sampah, penanaman, pemeliharaan pohon dan tanaman. Serta konservasi air, konservasi energy, dan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan berdasarkan identifikasi potensi dan masalah Lingkungan hidup.

Kepala Sekolah SMPN 4 Sangatta Utara Bersama Dengan Stakeholder Terkait Mengikuti Penyerahana Adiwiyata Nasional Secara Virtual
Kepala Sekolah SMPN 4 Sangatta Utara Bersama Dengan Stakeholder Terkait Mengikuti Penyerahana Adiwiyata Nasional Secara Virtual (Foto : Istimewa)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Yetti Arifa Desiviana, menyebut keberhasilan sekolahnya merupakan hasil kerjasama seluruh pihak. Baik Pemerintah Daerah, stakeholder, serta seluruh siswa-siswi dan dewan guru di sekolah.

“Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah khususnya Dinas LH, Dinas Pendidikan, stakeholder dalam hal ini PT KPC dan PT Pama. Yang telah membina hingga mencapai penghargaan Adiwiyata Nasional 2021. Mudah-mudahan ditahun mendatang mampu meraih Adiwiyata Mandiri,” harapnya.

Penghargaan Adiwiyata Nasional kali ini merupakan penghargaan Adiwiyata ditingkat Nasional yang ke 16 yang diraih oleh Kabupaten Kutai Timur sejak tahun 2009. Yang terdiri dari 9 Penghargaan Adiwiyata Nasional dan 7 Penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Diharapkan tahun Depan akan banyak sekolah yang mampu meraih Adiwiyata Nasional sehingga dapat menjadi menciptakan sekolah yang mampu mencetak generasi muda yang siap berinteraksi dan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Baca Juga : Ardiansyah Bersyukur di Kutim Sudah Mulai Bermunculan Sekolah-sekolah Islam.

Diketahui, dari Provinsi Kalimantan Timur terdapat 24 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2021. Dan hanya 2 jenjang sekolah tingkat SMP yang meraihnya, yakni SMPN 11 Samarinda dan SMPN 4 Sangatta Utara.

Sebelumnya, penghargaan bergengsi tingkat nasional juga dirasih oleh Dusun II Kabo Jaya, Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara. Yang menerima pengharaan Trophy Proklim Utama dari Ditjen PPI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Trophy Proklim merupakan bentuk apresiasi dari KLHK terhadap kampung atau wilayah yang melibatkan masyarakat dan seluruh pihak. Dalam melaksanakan aksi lokal untuk mengingkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (EGRK). (Nz)

Baca Juga

Back to top button