Pemkab PPU Menggelar Sosialisasi Standar Kompetensi Jabatan

Penajam – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortal) pada Sekretariat Kabupaten (Setkab) PPU menggelar sosialisasi Penyusunan Dokumen Standar Kompetensi jabatan bagi Jabatan Administrator dan Jabatan pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU, Rabu (23/10/2024).
Kegiatan ini di selenggarakan selama dua hari, sejak 23 hingga 24 Oktober di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU dan diikuti seluruh perwakilan dari masing masing Perangkat Daerah di Kabupaten PPU.
Kepala Bagian (Kabag) Ortal PPU, Firman Usman saat membuka sosialisasi mengatakan kegiatan ini sebagai upaya dalam memperoleh Aparatur Sipil Negara(ASN) berkinerja tinggi, diperlukan suatu pendekatan efektif dan implementatif. Salah satunya dengan pendekatan manajemen talenta yang berbasis merit.
“Tentunya manajemen talenta dapat dipergunakan untuk merekrut, mengidentifikasi, mengembangkan, mendistribusikan dan mempromosikan ASN,” ujarnya saat membacakan sambutan Penjabat (Pj) Bupati PPU.
Ia juga menjelaskan jika standar kompetensi jabatan merupakan salah satu infrastruktur wajib dalam penerapan manajemen talenta. Dimana standar kompetensi sendiri merupakan, deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlukan ASN.
“ Standar Kompetensi di perlukan bagi ASN dalam melaksanakan tugas dan jabatan yang juga menjadi salah satu prasyarat dalam penyusunan pola karir ASN guna menjamin objektivitas, keadilan dan keterbukaan dalam pengangkatan ASN dalam jabatan,” ungkapnya